It's a Good Beginning

Good news was sent for me, yeaaaahhh now I'm part of LPM OPINI FISIP Undip



Ceritanya di mulai dari waktu pas PMB, wakil dari Opini masuk kelas dan tentunya mempromosikan Opini ke para maba, dan gue langsung tertarik sempet takut juga soalnya gue belum punya kemampuan nulis yang bagus tapi apa salahnya buat di coba. Gue isi form-nya trus ikutan interview pertama. Gue sangat optimis soalnya menurut gue, gue jawab pertanyaan dengan baik, di seleksi tahap pertama selain di wawancara, gue juga di suruh nulis, terserah nulis apa tapi waktu itu kebetulan gue lagi sering baca berita tentang perhelatan Miss Universe 2013 yang diadain di Bali, Indonesia ya langsunglah gue nulis semacem artikel yang agak gak mutu gitu hehe, alhamdulillah nya gue lolos seleksi tahap pertama. Gue diterima jadi anak magang Opini. Iya gue magang gitu tapi bukan magang kayak yang di kerjaan gitu, magangnya tiga minggu+event.

Jadi kita para anak magang ini disuruh bikin event.
Magang minggu pertama temanya tentang jurnalistik, di situ kita kayak dibagi ke dalam beberapa kelompok dan ada simulasi pembuatan berita.
Magang minggu ke dua temanya fotografi, waktu itu kita di bagi dalam beberapa kelompok dan di suruh hunting foto ya tentunya yang model jurnalistic photo.

Magang minggu ke tiga adalah magang tersusah menurut gue, dan karena magang hari terakhir itu, gue gak mau ngambil jurusan komunikasi strategi nantinya, tapi untungnya karena anggota kelompok gue yang lain pada pinter dan baik, tertutupilah kebodohan dan ketululan gue.

Selanjutnya kita disuruh bikin semacam event dan cuma dikasih modal Rp 200ribu doang, can't you imagine? Tapi alhamdulillahnya event kita berhasil dan berjalan dengan lancar. Oh iya pada saat itu gue jadi panitia bagian humas dan jobdesk gue itu dibagian registrasi.

Sempet pesimis juga sih soalnya H-7 peserta yang daftar baru 16orang sedangkan yang di butuhkan ada 100orang but eventually ngelebihin target tuh audience-nya. Setelah selesai event-nya rasanya itu legaaaaaa banget.

Tapi gak sampe disitu aja perjuangan kita, masih ada final interview yang harus gue dan temen-temen gue laluin. Hari Jumat, 15 November 2013 entah jam berapa tapi yang jelas setelah solat jumat, gue memasuki ruang sekre LPM Opini di gedung D FISIP Undip dengan tegang dan degdegan soalnya dari testimoni temen-temen sebelumnya yang udah masuk kayak pada stress gitu. Tak disangka ternyata gak seserem yang dibayangin kok biasa aja yang ada malah gue kayak ngegosip gitu sama kakak-kakak seniornya, di dalem ruangan ada sekitar enam senior gitu yang interview-in gue, ya seperti biasanya ya setelah interview pasti ada sebuah penyesalah gara-gara salah jawab pertanyaan menurut gue tapi sadarnya setelah keluar dari ruangan. Optimis gak optimis sih gue, soalnya pasti banyak anak yang lain yang bisa jawab pertanyaan jauh lebih baik dari gue.

Pengumumannya itu tanggal 20 November 2013, diumumin di akhir acara workshop Opini tapi sayangnya gue dan temen-temen gue yang sekelas sama gue pada gak ada sampe akhir acara soalnya gue masih ada kelas yang gak harus gue tinggalin. Sempet deg-degan gak berani nanya kesiapapun tapi akhirnya gue beraniin diri buat nanya ke salah satu temen gue, dan katanya sih gue di terima tapi gue gak percaya gitu aja dong, gue beraniin diri buat nanya sama si Pemimpin Redaksi, dan kata doi "Jeng jeng jeng jeng..... Selamat datang di keluarga besar Opini", gue speechless gak tau harus ngomong apa. Tapi seneng sih syeneng syekaleee tapi kata dia nanti yang di terima bakalan di SMS, tapi sampe malem gue belum di SMS sedangkan temen satu kost gue yang ikut magang udah dikirim SMS dan diterima, panik dong gue, gue kira gue gak diterima, gue kira temen dan si pemimpin redaksi itu salah info tapi setelah temen satu kost gue nanya ke senior yang kirim SMS itu ternyata gue beneran di terima. Horaaaayyy




Besoknya gue bayar Rp 50ribu buat acara upgrading, semacem acara welcoming party gitchuwww. Tanggal 22-24 November 2013 upgradingnya diadain. Kita disuruh ngumpul di GSG Undip jam 3 tapi baru berangkat sekitar jam 5, biasalah ya Indonesia kalo gak ngaret gak kece (?) kita dibawa ke sebuah villa di daerah Bandungan dengan menaiki bus kota tanpa AC dan berdebu juga sepertinya karatan dan setelah berjalan beberapa meter, bus tersebut kebelah jadi dua (?) *gak ding, bohong* pokoknya bus-nya itu pake AC, iyeee AC alam. Kita sampe disebuah villa yang terlihat seperti rumah yang sangat nyaman, nama villanya itu villa Victory, suasananya enak dan nyaman, kamar mandinya juga bersih, disana sejuk sekali, seandainya Tembalang sesejuk di sana pasti aku tak akan repot-repot menyalakan payung ungu ku untuk melindungi kulit ku *apaan dah*. Acaranya seru sih *seru pake sih* actually itu kayak acara meeting gitchuw, ya namanya juga upgrading, buat menumbuhkan motivasi kita untuk membangun Opini menjadi lebih baik, ada pemilihan pemimpin umum, pemimpin redaksi dan pemimpin perusahaan.




Hari pertama, Jumat malam, acaranya itu pengenalan sejarah LPM OPINI FISIP Undip dari awal diedarkan sampe sekarang ini, ada apa aja di LPM OPINI FISIP Undip,acara perkenalan dari semua angkatan, sharing kesan anak-anak 2013 tentang Opini dan upgrading, dan gak lupa makan malam, sebenernya ada sesuatu hal yang pengen gue kasih tau pas acara makan malam itu, tapi kayaknya gak etis kalo gue ceritain di sini.

Hari kedua, Sabtu pagi, kita senam di halaman berumput hijau nan halus depan villa, di lanjutin mandi dan sarapan trus langsung meeting lagi deh *gaya lo pake meeting2 syegala* meeting pemilihan pemimpin umum (PU), pemimpin redaksi (Pimred) dan pemimpin perusahaan Opini (pimprus), trus ngasih tau tentang AD/ART yaitu semacam rules yang harus di patuhi oleh semua anggota LPM Opini. Btw Opini punya PU dan pimprus baru lho, PU, Pimred, Pimprus kita adalah tiga serangkai, kenapa? Ya karena ada tiga dan mereka itu ciwe-ciwe semua lho. Ya semoga LPM OPINI dibawah kepemimpinan mereka bisa menjadi LPM yang "cantik".




Trus kita juga makan malem dengan cara yang unik, kebersamaan itu kuncinya, jadi kita makan bareng-bareng, nasi+lauk pauk di taro diatas daun pisang ya semacem itu lah trus malem-malem banget ada acara bon fire, sekaligus sertijab sambil bakar jagung, trus pembagian kambing, tapi bukan kambing hitam ataupun kambing jantang apalagi kambing bandot, kambing yang dimaksud adalah kakak pebimbing. Setelah pembagian kambing ya kita dikasih waktu buat sharing bareng kambing kita masing-masing.

Hari ketiga, di hari minggu ini acaranya seneng-seneng aja gak ada meeting2an lagi, full seneng-seneng bareng-bareng. Pagi, kita senam setelah itu kita dibagi jadi empat kelompok buat main games. Games yang pertama kita harus ngangkat bak berisi air pake kaki kita, okay gue terima dengan lapang dada bahwa kelompok gue kalah, games yang kedua kita harus berjalan diatas dua guntingan koran gitu tapi kaki dan tangan gak boleh nyentuh tanah dan lagi-lagi kelompok gue kalah dengan terhormat *kayaknya sih dengan terhormat*. Games yang ketiga, kita disuruh nyari 20 benda yang udah ditentukan daaaan dengan bangga gue terima kenyataan bahwa kelompok gue lagi lagi dan lagi lagi kalaaahh, aaaahh bete KENAPA DUNIA INI GAK ADILLLL??! Tapi kayak disengajain gitu kalah, tahixx. But fine that were just games. Sebagai hukumannya anggota kelompok gue mukanya harus di coret pake areng yang ditumbuk dan di kasih air dan asal kalian tau muka gue itu dilalerin setelah di kasih cairan laknat itu trus punishment terakhir, kelompok gue di suruh bikin teh manis yang pada akhirnya gak gue bikin HAHAHA *ketawa setan*. Setelah itu kita mandi dan packing trus acara penutupan dan check out. Yeeeaahh such tired three days tapi seru sih. Kita sampe kembali di Tembalang tercinta ini sekitar jam satu dengan selamat dan sehat sentosa.

Sempet suuzan sama acara upgrading itu soalnya masa kita cuma di mintain 50ribu, dan menurut gue itu cuma cukup buat makan aja, gue ngebayangin bakalan tidur di tenda, beralaskan rumput hijau "beranjau" dan berlangitkan bintang-bintang, tapi ternyata itu semua tidak benar adanya.
Semoga tahun depan bisa ikutan lagi. Itu semua awal dari gue belajar buat jadi jurnalist kece, awal perjuangan gue buat wujudin impian gue buat bisa jadi bagian dari VOA nantinya, aamiin. Semoga gue dan temen-temen gue bisa struggle dan berkembang juga belajar bersama di Opini. Semoga Opini juga bisa jadi LPM yang lebih baik lagi dan berkembang jadi semakin kece. Selamat juga buat PU dan Pimprus baru LPM OPINI FISIP Undip 2013/2014. We are getting better, better and stronger. Proud to be Opinier.

Love yaaaa

photos by twitter.com/majalahopini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rights For The Victims; Solution (Part 3-Finale)

Hoax dan Orang Tua; Sefruit Tips Meliterasi Baby Boomers & X

Touched by Jackie and Her Love to Him