Kegelisahan Awal Menjadi Penulis (?)

Sedikit sharing aja nih. Rabu, 13 November 2013, Faber Castell bersama BEM FISIP Undip mengadakan seminar talkshow berjudul "Kreatif Menulis Rejeki Tak Akan Habis" di Gedung Prof Soedartho Undip Tembalang. Daaaann acara talkshow itu mengundang penulis beken mantannya mantan penyayi cilik itu lho, siapa lagi kalau bukan Raditya Dika. Bang Dika di daulat buat jadi pembicara di acara itu. Dengan dipadati sekitar kurang lebih 800 penonton dan sekitar 799 diantaranya adalah keluarganya bang Dika sendiri *eh* *bohong ding* acara tersebut sukses bikin sebagian mahasiswa Undip bolos kuliah hahaha.
Open gate sekitar jam 12an deh trus ngantri lumayan panjang dan lama diluar gedung, antrianya semeraut pake banget sampe ngantuk gue saking lamanya sampe akhirnya gue nukerin tiket yang udah gue beli seharga 55ribu itu dengan snack dan goodie bag. Gue duduk lumayan jauh dari panggung ya kira-kira sekitar 1000kilometer deh jaraknya *lebay* *tapi bohong*. Biasalah yaa acara pertama sambutan dan sambitan (?) gak ding, sambutan-sambutan gitu, trus ada penampilan dari group perkusi gitu, ada 2 comic yang pastinya mereka melakukan kayang sambil guling-guling gak jelas gitu *apaan sih* ya kalo comic ya pasti mereka stand up comedy dooonggsss trus nonton video dari Faber Castell trus ice breaking blablabla sampe akhirnya sekitar jam 2an muncul lah sosok fenomenal yang cetar membahana membabi buta yang sudah kita tunggu-tunggu dialahaaa bang DIKAAAA aka Raditya Dika, si penulis novel Kambing Hitam  Kambing Jantan yang sudah di jadiin film itu, comedian pecinta Martha alias martabakkk.



Doi muncul dari arah penonton gitu deh dengan menggunakan T-shirt, jacket merah, jeans dan sneakers yang di sambut dengan teriakan-teriakan histeris dan ketakutan  dari penonton-penonton maho  cewek yang kayaknya sih jadi mayoritas penonton disana. Gila ya gue sendiri aja gak nyangka kalo bang Dika bakalan di teriakin kayak begitu sama ciwe-ciwe hahaha tapi sih gue gak ikutan teriak soalnya hati gue aja udah menjerit (?). Oh iya ada yang menarik nih, jadi ada ibu muda gitu yang nonton trus ngajak anaknya yang masih umur satu tahun gitu cewe anaknya, lucu banget. Trus ibu itu di panggil sama bang Dika buat naik ke atas panggung dan di foto. Tuh ibu ngasih gift gitu buat bang Dika, gift-nya bukan si Martha tapi bantal unyu gitchuww dechhh. Trus ya penonton yang ngakunya cewek-cewek itu pada teriak-teriak sirik gitu haha


Bang Dika ngasih materi gitu tapi tenang bukan ngasih materi yang serius kayak di dalem kelas gitu kok. Pinternya doi itu, doi bisa menggabungkan antara materi dengan stand up comedy, tanpa disadari itu bener-bener berlangsung dari awal dia say hi ke penonton sampe dia nutup materinnya, ilmunya dapet hiburannya juga dapet banget. Salut. Gak afdol kali nih ya kalo gue gak ngasih tips dan trik menulis kreatif dari dia. Tapi sih sebenernya gue gak inget keseluruhannya tapi ada satu point penting yang harus lo lo semua catet, karena point yang teramat penting ini bakalan membuka jalan menuju sorga (?) maksudnya membuka jalan lo buat menulis kreatip ala ala bang Dika teyntuwnyaaaa. Apa sih kira-kira point pentingnya itu???? Mau tau? Mau tau? Eneyan mau tau angey niyyy? Kasih tau gak yaaa? Jadi apa yang bang Dika rasain itu saat mau nulis sebernya sama kayak apa yang gue rasain saat gue pengen nulis sesuatu tapi bedanya doi beneran merealisasikannya kedalam sebuah tulisan atau film yang terlihat bodoh tapi kalo gue kadang bingung mau mulai dari mana buat bikin tulisan hingga akhirnya cuma membusuk di otak gue doang *emangnya lo punya otak, ndri?*. Hal penting itu adalah bersumber dari kegelisahan, iya kegelisahan, nih gue gedein ya tulisannya. keGELISAHan. Iya dengan adanya kegelisan-kegelisan yang lo rasakan, lo lo semua bisa ngembangin sebuah tulisan. Contonya aja ya gue ambil dari salah satu penonton waktu itu yang mau nanya, penonton itu cowo dan punya kegelisan tentang perasaanya kepada seorang cewe yang selama ini dia sukai dan perhatiin, nah dengan kegelisan itu, si cowo bisa coba buat menuangkannya kedalam cerpen. Manfaatkan kegelisan dan pengalaman-pengalaman lo buat jadi bahan tulisan. Nah point kedua yang gak kalah penting itu pengalaman, apa kurang jelas tulisannya? Bentar gue gedein lagi. PENGALAMAN. Coba deh lo inget-inget lagi pengalaman apa yang kalo lo pikir-pikir sekarang itu merupakan pengalaman yang lucu atau konyol, contohnya waktu itu gue pernah kepeleset di tangga dan pas banget didepan gue itu ada senior yang gue sukain lagi pedekate sama cewe, pas kejadia gue super malu+bete tapi sekarang setelah gue inget-inget lagi ternyata lucu juga ya nah yang kayak gitu-gitu tuh bisa di jadiin cerpen atau tulisan 
Cuma itu doang sih yang gue inget hahaha tapi itu yang gue share termasuk dua point penting lho, kalo gak ada point tsb mungkin aja lo bingung mau nulis apa. Oh iya selain dikasih materi, kita juga di tantang buat nulis apa aja, yaaa kayak semacam pelatihan menulis gitu tapi sih kayaknya kurang efektif tuh soalnya gak semuanya nulis dan yang mau aja yang bakalan ngebacain tulisan yang udah mereka bikin. Gue bikin tulisan sih tapi di postingan berikutnya aja ya bakalan gue kasih tau tulisan apa yang gue bikin kemaren.
Udahan deh ya kegelisahan gue yang pengen gue sharing tentang talkshow bareng bang Dika ke blogies yang unyu-unyu, besok-besok gue bakalan sharing lagi. Yu dadah babayyy :*

Dapet sertifikat yang langsung dapet hari itu juga


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rights For The Victims; Solution (Part 3-Finale)

Hoax dan Orang Tua; Sefruit Tips Meliterasi Baby Boomers & X

Touched by Jackie and Her Love to Him